setting x-window di freebsd 6.2



X-Windows :



Pertama sekali kita harus melakukan setting (kalibrasi) /etc/X11/xorg.conf dengan command xorgconfig. Penting untuk mengetahui spesifikasi monitor, keyboard, mouse dan video card yang terpasang di komputer kitasebelum melakukan konfigurasi .



Kebanyakan keyboard di Indonesia ini memakai layout US model, bisa 101/104 keys. Kemudian untuk mouse ada yang serial ada juga yang PS/2, namun untuk serial memang sudah jarang ditemui lagi. Sedangkan untuk type PS/2 di FreeBSD (tidak bekerja, sesuai pengalaman penulis) akan tetapi menggunakan System Mouse (pilihan #2) dengan menggunakan



# /dev/sysmouse.



Untuk fungsi roller, sedikit mengejutkan xorg secara default telah menyertakan opsi ZAxisMapping, sehingga tidak perlu edit manual lagi. Sedangkan pilihan Horizontal Synch, penulis menggunakan 31.5 - 48.5 Hz (pilihan #6) dan Vertical Refresh sebesar 50-70 hz (sesuai dengan spesifikasi monitor penulis). Sedangkan video card yang dipakai adalah NVidia GeForce (opsi #349) dengan memori sebesar 32 Mb.

Setelah setting X server selesai, untuk bisa menggunakan desktop manajer kesayangan (dalam hal ini penulis telah menginstall Gnome), maka cukup :



$ echo "exec gnome-session" ~/.xinitrc

agar bisa dijalankan oleh user.

Sedangkan untuk KDE, lakukan dengan :

$ echo "exec startkde" ~/.xinitrc



Untuk mempercantik tampilan kita bisa ambil theme untuk Gnome di www.gnome-look.org, misalnya MacOS-X. Ini dimungkinkan karena Gtk (Gim Tool Kit) yang dipakai freeBSD adalah 2.*, caranya cukup mudah (mungkin ini sedikit liar karena paket ini tidak akan terdaftar di /var/db/pkg) :



# tar xzvf 1354-MacOS-X-theme.tar.gz -C /usr/X11R6/share/themes

# tar xzvf Gnome-MacOS-icon-theme.tar.gz -C /usr/X11R6/share/icons

# tar xzvf MacOS-X-wallpaper.tar.gz -C /home/free/wallpaper



Untuk settingnya klik Desktop Preferences Theme Pilih MacOS-X

Untuk setting iconnya klik lagi Theme Details Icons Bar Pilih MacOS-X



begitu tutorial sederhana untuk menginstall x-window di freebsd anda , meskipun sangat sederhana tetapi bagi orang yang ingin migrasi dari mikocok maka linux/bsd adalah pilihan alternatif yang bisa dicoba...:)





powered by performancing firefox


Share This


Share your views...

0 Respones to "setting x-window di freebsd 6.2"

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda

 

© 2010 Don Komo Studio All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info